Minggu, 04 September 2011

Sagu Keju




Bismillahirrahmannirrahim.. 
Dag dig dug deg..    *Grogi nih, postingan pertama, hohohuuu..
Oke, stay cool :9
Judulnya sagu keju. *Krik    Krik

Emm,, cookies (kue kering) yang udah pernah ku buat dua kali buat lebaran. Salah satu favoritku dan keluarga. Pertama kali baca resepnya dua tahun lalu dan langsung kepingin bikin (soalnya keliatan enak dan belum pernah ngerasain blass). Aku lupa resep yang pertama kali bikin dapet dari mana, aku nurut pake tepung sagu dan hasilnya sodara-sodara : love at the first bite! Krenyes-krenyes keju, sensasi lumer di mulut, manis-gurih yang balance, aroma menggoda.. Hmmmm ^^    So trully yummy!

Oleh karena itu, lebaran taun ini sagu keju kembali masuk list yang harus dibuat. Kali ini pake resep dari NCC yang katanya maknyuss gila :D
Namun, *halah, karena di rumah ada tepung tapioka (kanji) yang masih utuh, jadinya aku ngganti tepung sagu pake tapioka. Sebelumnya aku googling dulu, dan kesimpulanku yaitu : oke, bismillah kayaknya bisa saling substitusi deh, memang rasanya akan agak beda, tapi semoga tetep sama-sama enyak, hehe ;>
Ternyata sodara-sodara, rasanya pun tetep top markotop beud deh! Still really love it so much!  Bikin merem melek ^^   So, monggo dicoba pake tepung sagu atau tapioka. Yang penting pilih kualitas yang bagus yak.

FYI (for your information), aku beli tepung sagu dll di toko bahan kue yang namanya toko 8 (delapan) jalan Pucang Anom Timur Sby. Di sana lengkap banget mulai dari bahan sampe alat masak dan baking. Toko bahan kue lainnya yang pernah ku kunjungi tuh Handy Jaya di jalan Walikota Mustajab dan Arvian di jalan Mayjend Sungkono. Tapi bahan-bahan yang gampang didapet ya beli di deket rumah aja lah yaa.. 
Oya, bagi sodara-sodara yang kepingin belajar masak dan bikin kue (baking), *sama kayak aku juga yang masih belajar, website NCC bisa jadi referensi dan informasi yang bagus dan berguna banget! Makasiiih berat buat tim NCC dan kitchen community nya..  Semangat dan ilmunya sangat menginspirasi :D   Jazakumullah khoiron katsiron (semoga Allah membalas anda dengan kebaikan yang banyak).

SAGU KEJU
Sumber : Fatmah Bahalwan NCC

Bahan :
300 gr   tepung sagu (sagu tani)   *aku pake tepung tapioka
2 lbr     daun pandan
100 gr   margarin
50 gr     mentega (butter)
150 gr   gula halus
1 btr     kuning telur
100 gr   keju edam, parut
50 ml    santan kental (misalnya Kara)

Cara membuat :
·    Sangrai (panaskan di wajan tanpa minyak sambil terus diaduk dan dibolak-balik memakai sutil) tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat, dinginkan.
·    Kocok margarin dan mentega hingga putih dan lembut, masukkan gula, kocok rata, tambahkan kuning telur, kocok rata.
·    Campur tepung sagu dan keju parut, tuang bertahap ke dalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
·    Masukkan adonan ke dalam plastik contong (segitiga) yang sudah diberi spuit bintang, semprotkan ke dalam loyang tipis yg sudah dioles mentega dan ditabur tepung.
.    Oven dengan api sedang selama kurang lebih 40 menit atau hingga bagian bawah sagu keju mulai agak kecoklatan (tergantung oven masing-masing).


Nah, selamat mencoba, sodara-sodaraaa...
Kalo masak dan baking, jangan takut gagal yak, toh walopun gagal masih bisa dimakan  *curhat (eman, hahaha :p). Semuanya dijadikan pengalaman yang pasti akan berguna. Ntar pasti ngerasa kalo ternyata masak dan baking bisa jadi ajang pendewasaan, penggemblengan diri, dan pematangan karakter   *wuih, lebay :p
Kan kudu tenang, telaten, sabar, dan sterategi toh? 

Alhamdulillahirabbil'alamin..

0 komentar:

Posting Komentar

bilang . . .